REVIEW JURNAL 1

  • JUDUL PENELITIAN

Supplier Relationships Emerging Issues and Challenges

  • PENULIS

Jagdish N. Sheth

  • NAMA JURNAL

Manajemen Pemasaran Industri(Industrial Marketing Management)

  • LATAR BELAKANG

Dalam hubungan perusahaan dengan tim kerjanya, perusahaan melakukanhubungan dengan selalu mempertahankan atau menguatkan hubungan tersebutdemi mencari keuntungan. Perusahaan beroperasi sangat terkait sekali dengan pengadaan barang atau jasa. Perusahaan yang dapat menghasilkan barang dan jasadengan maksimal akan menang dalam persaingan dan memungkinkanmendapatkan keuntungan lebih besar. Perusahaan melakukan pengadaan melaluihubungannya dengan pemasok yang ia percaya. Perusahaan yang tidak hanya berkepentingan sekedar meminta barang atau jasa dari pemasok, namun jugasangat memperhatikan kelangsungan hubungannya dengan pemasok, tentu tahu bahwa pemasok dapat memaksimalkan kekuatan perusahaan dalam bersaing.Hubungan yang efektif dengan pemasok akan menghasilkan kekuatan kompetitifsendiri bagi perusahaan dimana nilai kompetitif tersebut tentunya sangat berguna bagi perusahaan lokal maupun global.

Dalam jurnal ini dijelaskan bahwa perusahaan kini bergeser dari orientasikepada pembelian ke arah orientasi pada filsafah relasi, dan bergeser darikepentingan dalam proses pembelian menjadi kepentingan dalam proseshubungan dengan pemasok itu sendiri. Perubahan ke arah pemasok akan merubah peran, proses, dan strategi perusahaan. Dari itu perusahaan bisa mendapatkanobjek penelitian yang baru dengan mudah. Hal demikian termasuk bahwa pemasok sebagai lintas fungsonal, pelanggan, hubungan dengan pemasok, nilaiekonomi ekuitas pemasok, dan kurva pemasok, proses sumber global, nilai antar budaya, serta aturan dalam lintas nasional dan pengadaan layanan.

  • METODE

Penyajian data dan pendekatan penelitian dalam jurnal ini memiliki beberapa jenis yang dipakai secara satu waktu. Ketika terjadinya perubahan perilaku pembeli karena pengaruh langsung yang diberikan oleh pemasok makadisajikan dengan gambar, panah, dan tulisan tulisan. Hal itu bisa dikatakan denganadanya penyajian data kualitatif karena dapat dilihat pada gambar 1 maupun padagambar 2. Dalam pemaparan pendukung pada jurnal ini sering sekali dijumpaiadanya pemberian contoh serta studi kasus yang diberikan oleh penulis jurnalyang tentunya sangat relevan dengan apa yang dibahas. Penyajian data tersebutmenggunakan pendekatan deskriptif yang baik sehingga memudahkan pembacauntuk menggali serta memahami maksud secara benar, seperti contoh GeneralMotors, Xerox, Block and Decker, dan lain-lain. Data kuantitatif dapat kita lihat pada tabel reduksi yang telah disajikan di dalam jurnal ini. Dengan banyaknya danvariatifnya metode serta penyajian data yang dilakukan, sepertinya tidak membuatsusah pembaca dalam memahami isi dari jurnal ini sendiri.

  • HASIL

Dalam operasi suatu badan atau perusahaan, sangat erat sekali kaitannya denganhubungan pada pemasok. Pemasok dapat dikatakan sebagai sumber bahan/bendauntuk kegiatan operasi perusahaan. Perusahaan selalu mencari pemasok yangmemberikan kualitas yang tinggi serta memberikan harga yang dapat dinegosiasisesuai kesepakatan bersama. Karena pemasok merupakan sumber bahan/bendauntuk kegiatan usaha, maka pemberian pemasok ini dapat memberikankeuntungan yang lebih bagi perusahaan seperti murahnya harga bahan di pemasokyang A daripada harga di pemasok yang B. Dengan didapatkannya harga yangmurah dari bahan operasi yang disediakan oleh pemasok, maka keuntungan ataulabah hasil penjualan operasi perusahaan dapat meningkat karena terpangkasnya biaya produksi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s