E-Commerce

Pengertian E-Commerce

E-Commerce atau Electronic Commerce yang disebut dengan perdagangan elektronik dalam bahasa Indonesia merupakan cara penjualan, penyebaran, pemasaran suatu barang dan jasa melalui media elektronik. Contoh dari media elektronik itu sendiri ada televisi, komputer, internet, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Transaksi

  • Collaborative Commerce (C- Commerce)
  • Business to Business (B2B)
  • Business-to-Consumers (B2C)
  • Consumer-to-Business (C2B)
  • Customer to Customer (C2C)

Peraturan E-Commerce Ke Luar Negeri

Pijakan hukum terhadap bisnis elektronik atau e-commerce, yang diatur dalam pasal 65-66. Aturan ini penting karena bisnis berbasis online sudah menjamur di Indonesia. Sebelumnya, aturan e-commercemerujuk pada UU No. 11 Tahun 2008tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Wakil Ketua Komisi VI DPR Erik Satrya Wardhana mengatakan pemberlakuan aturan e-commerce yang tercantum di dalam UU Perdagangan berlaku untuk skala internasional. Maksudnya, seluruh transaksi elektronik yang dilakukan pelaku usaha dalam negeri dan luar negeri, yang menjadikan Indonesia sebagai pasar wajib mematuhi aturan e-commerce yang ada di dalam UU Perdagangan kelak.

Terkait potensi pajak yang mungkin akan diperoleh oleh negara melalui aturan e-commerce ini.

Peraturan E-Commerce di Indonesia

naskah-akademik-rancangan-peraturan-pemerintah-rpp-tentang-perdagangan-elektronis-e-commerce-en-1426998711

Daftar Pusaka

https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik  (8/4/2016)

PDF Naska Peraturan E-Commerce di Indonesia (8/4/2016)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s