Tulisan 5

Turunnya Harga BBM pada Awal Tahun 2015

logo_gunadarma-1

Pendahuluan

Pemerintahan Jokowi secara resmi menurunkan harga BBM bersubsidi pada 1 Januari 2015. Tentu banyak pihak bertanya-tanya kenapa harga BBM tiba-tiba diturunkan pemerintah.  Banyak spekulasi alasan dan pertanyaan, ada yang berpendapat kalau memang harus turun karena harga minyak dunia turun atau lebih tepatnya , harusnya kemarin memang tidak dinaikkan karena saat pemerintah menaikkan harga BBM pertengahan November lalu , harga minyak dunia sebenarnya sudah turun duluan.

Isi

Setelah kepastian Pertamax yang turun sekitar 300 rupiah, maka kali ini pemerintah juga akan menurunkan harga premium menjadi hanya 7600 rupiah saja, hal ini dikarenakan harga minyak dunia yang terus turun, padahal subsidi untuk premium sudah dicabut.

Dengan penghapusan mekanisme subsidi, maka harga Premium saat ini mengikuti harga pasar yaitu Rp 7.600/liter. Turun dari sebelumnya Rp 8.500/liter yang sempat berlaku sejak 18 November 2014.

Untuk Solar, pemerintah memberikan subsidi tetap (fixed subsidy) per liter. Subsidi yang diberikan adalah Rp 1.000/liter, sisanya mengikuti mekanisme pasar.

Melalui mekanisme itu, maka harga jual Solar ditetapkan Rp 7.250/liter. Turun dari sebelumnya Rp 7.500/liter.

Hal tersebut dikemukakan oleh Menko Perekonomian Sofyan Djalil di kantornya, Jakarta, Rabu (31/12/2014).

Ini merupakan kebijakan terobosan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di bidang subsidi. Kebijakan ini diyakini akan membuat anggaran subsidi BBM jauh berkurang di tahun depan.

Penutupan

Ternyata menghapus subsidi BBM bisa dengan mudah dilakukan pemerintah Jokowi, tanpa ada demo yang keras, momentum harga minyak dunia yang juga turun menjadi alasannya juga.

Daftar Pusaka

http://masshar2000.com/2015/01/01/harga-bbm-turun-jokowi-bisa-pecahkan-rekor-sby/

http://mariodevan.com/2014/12/31/premium-tidak-lagi-disubsidi-harga-premium-justru-turun-jadi-7600-berlaku-per-1-januari-2015/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s