Tulisan 4

Bisnis Franchise

logo_gunadarma-1

Pendahuluan

Pengertian franchise adalah menduplikasi bisnis yang telah sukses, sehingga bagi mereka yang ingin membeli bisnis franchise ini tidak perlu lagi memikirkan atau merasakan jatuh bangun untuk memulai bisnis. Mereka hanya menjalankan sistem yang telah berjalan tinggal start up langsung meneruskan bisnis  yang  memang telah teruji keberhasilannya.

Pasti anda sering melihat atau bahkan membeli keperluan di indomart, alfamart, 7eleven, circle K, dsb. Tahukah anda mengapa banyak sekali mini market tersebut disepanjang jalan? Tak jarang kadang dua mini market saling berdekatan hanya berbeda beberapa bangunan. Saya  akan membahas bisnis franchise mini market.

Isi

Franchise menjadi pilihan utama masyarakat yang ini memiliki bisnis tanpa harus memikirkan jatuh bangun dalam kehidupan bisnis. Franchise menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin berbisnis tanpa harus membuat sesuatu atau melakukan inovasi.

Dalam berbisnis franchise ini ada keuntungan dan kerugian. Keuntungannya usaha franchise adalah anda sudah memiliki nama atau bisnis anda sudah popular tidak perlu melakukan promosi besar-besaran. Kerugiannya peran yang dimainkan oleh franchisor sangat besar dengan control yang tinggi sehingga franchise hilang kemandiriannya.

Tahukah kalian mengapa indomart dan alfamart selalu berdekatan? Ada beberapa alasan mengenai hal tersebut, pertama adu persaingan kedua mini market ini ingin membuktikan yang mana yang paling menarik hati masyarakat, kedua membidik pasar yang lebih luas, ketiga indomart dan alfamart tidak takut bersaing di tempat yang sama karena mereka mengetahui bahwa pasar mereka bidik adalah pasar yang sangat besar, keempat memiliki target penambahan gerai keduanya seakan melakukan marathon dalam pembukaan gerai tidak peduli walaupun gerai harus dibuka berdekatan dengan pesaing, kelima mengusung keunggulan yang berbeda keduanya mengakui bahwa mereka memiliki keunggulan masing-masing walaupun keduanya seakan saudara yang memiliki banyak kesamaan.

Pihak-pihak yang terkait dalam Waralaba sifatnya berdiri sendiri. Terwaralaba, Franchisee atau penerima waralaba berada dalam posisi independen terhadap Pewaralaba, Franchisor atau pemberi waralaba. Independen maksudnya adalah Terwaralaba berhak atas laba dari usaha yang dijalankannya, bertanggung jawab atas beban-beban usaha waralabanya sendiri (misalnya: pajak dan gaji pegawai). Di luar itu, Terwaralaba terikat pada aturan dan perjanjian dengan Pewaralaba sesuai dengan kontrak yang disepakati bersama.

Penutup

Bisnis franchise merupakan bisnis yang sangat menguntungkan bagi kita karena dalam menjalani bisnis ini resiko untuk gagal sangat kecil, bisnis ini juga menghemat waktu, dana, dan tenaga dalam proses trial & error, memberikan kemudahan dalam operasional usaha, yang lebih menguntungkan lagi penggunaan nama/merk yang sudah terkenal.

Daftar Pusaka

http://www.ecampindonesia.com/5-alasan-mengapa-indomaret-dan-alfamart-selalu-berdekatan/

http://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s